Movie

Migas Tiga Ipa 3 SMA 1 Lhokseumawe. Lets follow our Twitter @MIGASmansa :)

Rabu, 17 Oktober 2012

Kuliner Khas Sumatera Barat


-DEA NADHILA-

Provinsi Sumatera Barat memiliki banyak sekali kuliner khas yang dikenal luas hampir di seluruh Indonesia, bahkan cukup dikenal di dunia. Hampir di semua provinsi di Indonesia kita bisa menjumpai warung padang. Berikut adalah beberapa contoh kuliner khas padang yang rasanya sangat lezat:

Rendang Daging

Kuliner ini pasti sangat mudah kita temui di setiap warung padang. Menggunakan daging sapi sebagai  bahan utamanya, kuliner khas Sumatera Barat ini tidak diragukan lagi kepopuleran dan kelezatannya. Tidak hanya di dalam negeri, beberapa masyarakat luar negeri juga sangat menyukainya.
Daging sapi sebagai bahan utama dipadukan dengan santan kelapa dan beberapa bumbu khas padang seperti cabai, lengkuas, serai, bawang, dan beberapa bumbu tambahan lainnya digunakan untuk membuat rendang daging yang lezat.

Sate Padang

Inilah salah satu kuliner khas Sumatera Barat yang mudah kita temui di manapun, terutama di kota-kota besar Indonesia. Tidak seperti sate pada umumnya yang menggunakan daging kambing atau ayam, sate padang berbahan utama daging sapi, lidah, atau jeroan (jantung, usus, dan tetelan). Bumbunya juga berbeda dengan sate pada umumnya. Bumbu sate padang adalah bumbu kacang (tekstur dan bentuknya lebih mirip bubur) yang dibumbui dengan cabai yang banyak sehingga mempunyai rasa yang pedas.

Dendeng Batokok

Kuliner khas Sumatera Barat ini juga tidak kalah lezatnya dengan dua kuliner sebelumnya. Diberi nama Dendeng Batokok karena dalam proses memasaknya daging dimasak dengan cara dipukul-pukul (dalam bahasa padang tokok) hingga lembut.  Tidak semua bagian daging sapi cocok untuk dimasak menjadi dendeng batokok. Hanya bagian dekat ekor dan bagian paha atas yang bisa menghasilkan dendeng batokok yang lezat.
Bila sudah lelah memutari tempat berbelanja di daerah Sumatera Barat, segeralah pilih rumah makan yang menjajakan sajian khas daerah setempat. Pasti terasa cocok di lidah Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar