Movie

Migas Tiga Ipa 3 SMA 1 Lhokseumawe. Lets follow our Twitter @MIGASmansa :)

Sabtu, 15 September 2012

Timphan~

Timphan adalah salah satu kue khas Aceh yang terbuat dari tepung beras, santan kelapa, pisang dan sejumlah bahan lainnya, dibalut dengan pucuk pisang dan dikukus. Timphan hanya didapati di Aceh atau di kalangan orang Aceh di perantauan. Timphan sudah dianggap wajib sebagai hidangan khas waktu Hari Raya di Aceh. Khusus untuk isi dalam ada yang memakai serikaya dan juga kelapa manis. Kalau Anda ingin mencoba Timphan dari Aceh silahkan membuat sendiri dipandu oleh resep di bawah ini.

Resep TIMPHAN;
Kue Khas Aceh
Untuk : 15 Porsi (1 porsi = 114 kalori)
 
Bahan:
  1. 200 gr tepung ketan
  2. 2 sdm santan kental
  3. 1 sdm air kapur sirih
  4. 1/4 sdt garam
  5. 250 gr pisang raja dihaluskan
  6. Daun pisang muda
Isi:
  1. 2 butir telur ayam
  2. 50 ml santan kental
  3. 100 gr gula pasir
  4. 25 gr nangka masak cincang kecil
  5. 1/2 sdt tepung terigu
  6. 1 lembar daun pandan
  7. 50 gr kelapa muda parut halus
  8. 1/4 sdt vanili
Cara membuat :
  1. Aduk tepung ketan dan pisang yang sudah dihaluskan serta santan, air kapur, dan garam hingga tercampur rata. Adonan ini digunakan untuk kulit.
  2. Ambil daun pisang olesi dengan minyak lalu tipiskan adonan kulit, beri adonan isi kemudian digulung, dibungkus seperti lontong kecil, kukus hingga matang selama + 10 menit.
Buat adonan isi : Kocok telur dan gula hingga kental dengan mixer, masukkan tepung terigu dan santan, aduk rata, tambahkan nangka dan kelapa muda, beri daun pandan, masak sampai kental, angkat, beri vanili, aduk rata. Setelah matang dinginkan dan gunakan sebagai isi timphan.
kalo orang aceh harus coba resep kue ini :)
~ Irma Suryani ~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar