Movie

Migas Tiga Ipa 3 SMA 1 Lhokseumawe. Lets follow our Twitter @MIGASmansa :)

Sabtu, 15 September 2012

kehebatan ilmuan muslim

Dian Noer Pratama

Kehebatan Ilmuwan Muslim

Banyak diantara kita yang mengagung-agungkan dunia barat dengan tokoh ilmuwan mereka.  Tapi sebagai muslim sejati kita harus berbangga, karena ternyata banyak sekali ilmuwan terkemuka dan membawa perubahan dunia lahir dari seorang muslim.
1336630980178920310113366310416834588441336631209978668722
IBNU SINA , Tokoh pertama yang disebut sebagai gurunya para dokter se-dunia.
Semua Dokter di dunia mempelajari ilmu kedokteran dari buku yang ditulisnya, yaitu AL-QANUN FITH-THIB. Pada usia lima tahun  beliau telah mempelajari ilmu tafsir, fiqih, dan tasawuf.  Dan yang paling hebat adalah Beliau mempelajari ilmu kedokteran secara mandiri atau otodidak, dan dalam waktu nsatu setengah tahun beliau telah menguasainya.  Orang Eropa menjuluki Ibnu Sina sebagai Medicorum Principal yang artinya Rajanya Para Dokter.
AL-KHAWARIZMI, Tokoh selanjutnya adalah tokoh yang berhasil menghitung besar garis tengah dan lingkaran Bumi dan pencipta Angka nol.
Tanpa Angka nol, komputer tidak akan ada pada saat ini.  Sebab, komputer bisa beroperasi pada saat ini karena menggunakan kode-kode yang terdiri dari angka nol dan angka satu yang disebut dengan Sistem Biner. Selain itu beliau menyusun buku tentang waktu perhitungan berdasarkan bayang-bayang matahari.  yang sampai saat ini sering digunakan untuk menentukan waktu Shalat bagi umat Muslim di dunia.
ABU WAFA , Bapak trigonometri.
Wah ilmuwan yang satu ini adalah salah seorang yang berjasa dalam bidang ilmu trigonometri.  Trigonometri?????,,yupz ilmu ini kita pelajari untuk menghitung tinggi pohon, tinggi gedung dan jarak antar planet.  dan dikenal juga dengan nama ilmu ukur sudut-sudut segitiga, yang sampai saat ini ilmu tersebut masih digunakan bagi para ahli bangunan dan astronom di dunia.
UMAR KHAYAM, Ahli Matematika Muslim yang sangat terkenal.
Bagi para pelajar sekolah menengah atas (SMA ) pasti pernah mempelajari rumus-rumus segitiga PASCAL.  Rumus-rumus tersebut dikembangkan oleh ilmuwan Barat yang bernama Pascal.  Namun, ternyata Pascal mendapatkan ilmu tersebut dari buku “Jawami’ Al Hisab” yang ditulis oleh UMAR KHAYAM seorang ahli matematika muslim yang sangat terkenal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar