Movie

Migas Tiga Ipa 3 SMA 1 Lhokseumawe. Lets follow our Twitter @MIGASmansa :)

Kamis, 13 September 2012

//FREE TIME, NARSIS TIME, AND OKE-OKE TIME//


Pasti pada bingung baca judulnya kan?
Aku aja bingung -____-

Yang jelas hari ini jam pertama bapak berdasi nggak masuk (nama disamarkan).
Jadinya kami dapat waktu bebas.
Awal-awal semua pada sibuk dengan urusan masing-masing.
Ada yang gelundungan, ada yang guling-guling, sampe ada yang kayang.
Tapi nggak lama, pas Ipeh sama Didit megang kamera merek nikon warna abu-abu sama merah #asek.

  “Ayoooo foto satu kelaaaaassss!” Teriak dua cewek kece itu.

Okeeee.
Semua cewek langsung lompat dari kursi masing-masing.
Pada pake safebelt, terus merem sambil berdoa siap-siap mau terjun.

  “Maafin dosa aku ya teman-teman” Ujar Ipus dengan air mata meleleh.

Terus Didit teriak.

  “Jangan Ci! Jangaaann! Kamu pasti bisa, kamu kuat! Kamu bakal move on secepatnya!”

Ipus gelengin kepala.

  “GUE NGGAK BISA DIT! GUE LEMAH!!”

Dan Ipus lompat dari becak.

Dramatis.

Sebenernya kejadiannya nggak kayak gitu -_-
Abis cewek-cewek pada bangun dari duduknya, mereka langsung mondar mandir nyari makhluk mungil yang dipanggil cermin.
Buat apa?
Ya ngacalah!

Enggak, buat di tumis.

Well, akhirnya formasi udah disusun rapi, kursi dideretin sejajar terus setengah dari kita duduk di kursi sisanya berdiri.

Sesi narsis-narsisan antar cewek selesai.
Gantian sama yang cowok.

Mereka udah pasang senyum maut selebar mungkin.
Terus setengahnya berdiri sisanya jongkok.
Ralat, berlutut.

Semua pada sibuk ngatur posisi, mendadak aku lirik Dian, terus aku bilang.

  “Yan, masa kayak gitu? Gini lah! Kayak pemain bola!”

Aku jongkok dengan satu kaki di tekuk ke dalam satu lagi mengambang.
Dian malah sewot.

  “Kayak pemain bolaaaa! Kayak gini iya?!”

Ketua kelas yang ganteng itu nendang kakinya ke udara dengan satu kaki yang masih bertahan di posisi jongkok.
Super sekali.
Persis kayak bapak-bapak lagi ikut Yoga #lirik icha

Jepret sana jepret sini, sesi anak cowok selesai.

Barisan dibubarkan.
Semua mulai nyebar ke meja masing-masing.
Well, sebenarnya nggak semua.
Cuma sebagian kecil.
Sebagian besarnya masih di pojok belakang kelas.

Aku duduk di atas kursi.
Ngeliatin mereka sambil mikir bahan apa yang bisa aku tulis nanti.
Terus tiba-tiba Meme datang ke depan aku sambil nyanyi Indonesia Pusaka.

Suaranya sumbang #jujur ini jujur.
Dia nyanyinya nggak serius.
Pas bagian “Tempat berlindung di hari tua” nya Meme keselek.
Suaranya jadi turun -7 oktaf persis kayak kucing kejepit pintu.
Aku ngakak mampus XD

  “Eeeeee! Sekarang semuanya foto sama-samaaaa!” Teriak Didit.

Yang udah duduk bangun lagi.
Baris rapi di belakang.
Kali ini Muhar yang fotoin kita.

Satu kamera abu-abu punya Didit digantung di lengan, satunya lagi di pake buat foto.

  “Oke, satu, dua, ti---Eh? Gelap!”

Kambing.
Orang udah senyum kece jugak -_____-

Oke, sekali lagi.

  “Siap! Satu, dua, ti---Nilwan nggak nampak e!”

Ini anak ngajak ribut kayaknya.

Lagi lagi.

  “Serius nih! Satu, dua, ti---”

  “Eh?! Aku pergi bentar ya! Ada tugas!”

Seeeerrrrr~
Semua pada ngeluh sambil pelototin Farid yang tiba-tiba muncul dari balik jendela -____-“
Yang dipelototin Cuma nyengir lebar.

Terus Ipeh sama yang lain langsung teriak.

  “Sini Farid! Foto dulu! Ayok sini!!”

Terus Farid bilang.

  “Bentar, lagi ada tugas nih!”

  “Bentar aja Farid! Bentaaarrr!”

Dan setelah bentar-bentaran, akhirnya Farid luluh juga.
Dia masuk (walaupun pake sepatu) #red: Kelas kami nggak boleh pake sepatu, soalnya udah di pel# *lirik Air Conditioner*.

  “Okeee, satu dua ti---Farid?! Posisi ko dimana?!” Jerit Muhar kesal.

Yang berdiri di belakang pada teriak frustasi sambil cakar dinding.
Farid serius kali ini.

  “Satu dua tiga!”


KLIK!


Mantap.

  “Lagi lagi lagi!!” Teriak yang cewek.

Muhar angguk.


KLIK!


  “Lagi lagi lagi!!” Teriak yang cewek lagi.

Muhar tarik nafas sambil senyum kecil.


KLIK!


  “Lagi lagi lagi!!” Teriak yang cewek lagi lagi.

Muhar pasrah.
Mulutnya komat-kamit baca doa nahan emosi.


KLIK!


  “Oke mantap!” Teriak semuanya.

Sekali lagi, barisan dibubarkan.

Aku, Ipus, Didit, Dekmus, Meme, Irma duduk di kursinya Meme.
Yang lain di belakang pada nyanyi bareng.

Terus Ipeh tiba-tiba taro kotak bekalnya di atas meja.
Begitu dibuka, waaaaa, pisban (pisang bandung)!

  “Mau mau mau!”

Semuanya pada rebutan.
Ipeh Cuma senyum-senyum aja.

Dan serius, Pisban made in home-nya Ipeh tak ada duanya!
#asek

Lagi seru-seru nyicipin pisban kejunya Ipeh tiba-tiba Meme nanya.

  “Pisang apa ni Peh? Manis kali”

  “Nggak tau Ipeh, pisang raja kayaknya, warnanya ijo ijo gitu”

Bukan Peh, warnanya Ungu -___-

Begitu Ipeh selesai ngomong mendadak Meme nyanyi.

  “Pisang raja~ Pisang ratu~ Pisang wayang~~ EH?”

Semua ngakak.
Meme galau sendiri kenapa bisa tiba-tiba pisang wayang.
Dan nggak ada hujan nggak ada badai Didit  nyeletuk.

  “Pisang Ayam ini kan?”

Hening.

  “MUAHAHAHAHAHAHA~~~”

Yang cewek ngakak mampus.
Didit Cuma ngerucutin bibir.

Abis itu semua balik cerita-cerita nggak jelas.
Nggak lama Didit bilang gini.

  Sel! Makasih buat readers lo ya! Visitor Blog kita naek jadi 299!”

WHAT?!

Aku melotot.
Megap-megap sambil megang kepala.

  “CIYUUUSSSSSS?!” *background-nya efek bunga-bunga kembang*

Semua ngangguk-ngangguk.
Aku excited.
Keren!

  “Dan lo lo lo semua tau apa? Semalam gue aktifin lagi Blog FF gue, dan ternyata visitor Blog gue udah 3600-an!” Aku teriak heboh.

Hening.
Semuanya mingkem sambil ngelirik aku.
-_____-
Kejam.

Lagi seru-seru ngumpul tiba-tiba dua guru PKN kita yang kece masuk.
Tandanya semua harus belajar tekun kayak biasa.

Di tengah proses belajar mengajar, aku balik ke belakang.
Terus nanya sama Ipus Didit.

  “Eh, nanti sore kalian sekolah?”

Didit geleng.

  “Enggak, mau bobok sebentar, abis tu jalan”

Aku bereng.

  “Kakak ni enak punya pacaaaarrr!”

Didit malah sewot.

  “Kami belakangan ini udah agak jauh eeee!”

Aku Cuma angguk-angguk.
Terus Ipus ngomong.

  “Iya, pacar gue juga udah menjauh dari gue..”

Hening.

Aku sama Didit saling lirik-lirikan.

  “YA AMPUN! GUE LUPA GUE NGGAK PUNYA PACAR!!” Teriak Ipus tanpa dosa.

Sontak aku sama Didit ngakak dewa.

Nggak lama bunyi bel dua kali.
Tandanya istirahat.

Abis istirahat belnya bunyi lagi dua kali.
Tandanya masuk.

Sekarang pelajaran bahasa indonesia.
Okesip.

Kami bagi kelompok, duduknya pisah T___T
Dan aku di kelompok enam.
Ada Aku, Risma, Pandi, sama Amar.

  “Buat ringkasannya di kertas selembar” Kata wali kelas kami.

Aku langsung lirik Risma yang pasang muka inosen.
Langsung aku rampok bukunya terus aku cari bagian tengah untuk dirobek.
Dan aku sempat ngelirik Amar sekilas, dia lagi merhatiin aku yang siap-siap mau robek kertas.


SRAK!


  “HAHAHAHAHAHA”

Aku mingkem.
Nggak ngerti kenapa Amar mendadak ketawa pas kertas yang aku sobek buntutnya tinggal.
Jadinya kertasnya bolong gede di bagian bawah.
Risma Cuma senyum miris ngeliat nasib kertas bukunya ancur di tangan aku.
Sementara Pandi ngikik mentel.

Udah gitu aku langsung ambil kertas lain.
Mulai nulis.
Kita udah bagi tugas masing-masing.
Di tengah keheningan Pandi ngomong.

  “Nyonya, kamu buat nomor tiga aku buat nomor 4 ya?”

Hening.
Aku Cuma diam sambil lanjut nulis.
Pandi aku cuekin.
Tiba-tiba Amar ketawa lagi.

  “HAHAHAHAHA, Is, kalo aku jadi ko aku nangis Pan!”

Dalam hati aku bingung.
Biasanya Amar jarang ngomong.
Hobinya diem.
Kenapa mendadak Amar jadi no sad be hepi gini ya?

Aku langsung ngangkat muka.
Liatin Amar dalem-dalem.

Dalam hati aku teriak.

  “INI SIAPAAAA?! AMAR KITA MANAAA??? DIMANA AMAR KITAAAAAA?!”

Dalam hati mamen.
Dalam hati.

Tiba-tiba Risma sama Pandi saling senyum-senyum nggak jelas.

  “Kelompok sebelah ada lingkaran cinta segitiga ker!” Ucap Pandi balik ngikik.

Aku ngerutin dahi.
Terus aku liat kelompok Dian.

Cinta segitiga?

Ika, Dea sama Dian? Terus Nilwan dikemanain?!

  “Eoh? Ngapain ko senyum-senyum Yan?” Aku sewot sendiri.

  “Aku geli liat Ipeh lagi gangguin Julian doh!” Balas Dian ngakak.

Oh -___-
Maafin aku ya Allah, aku udah suuzon.
Kirain Dian kegeeran karena diomongin tadi.

  “Selese”

Aku nunjukin kertas laporan kelompok kami.
Risma angguk kepala sambil liat wali kelas kami.
Aku balas angguk.
Aku langsung bangun terus jalan ke depan buat ngumpulin kertasnya.

Keren.

Nggak perlu pake ribut aku bisa komunikasi mata sama Risma.
Kita berdua punya bakat jadi Intel #bangga mampus

  “Ini buk”

Aku kasih kertasnya ke wali kelas.
Beliau Cuma senyum terus ngambil paku mading dari kotak pensilnya.
Aku melotot.

  “Kita tempel di papan tulis ya? Biar yang lain jadi terpacu untuk cepat siap”

Oh.
Kirain apa -___-

Aku Cuma diam.
Sambil liatin Ibu itu tempelin kertasnya pake paku mading.
Sekitar setengah menit aku berdiri sangak, aku baru sadar kalo warna paku madingnya merah.

MERAH MAMEN!!

  ‘Ibu ini pasti Cassie!!’ Aku jerit histeris dalam hati.

*Red: Cassie = fandom bb DBSK*

Terus aku balik duduk di kursi dengan sepotong kesimpulan bodoh di dalam kepala.
Bel bunyi sekali.
Tandanya ganti pelajaran.

Abis tu masuk Pak Fly To The Sky And To The Moon (Maaf, lagi lagi nama harus disamarkan).
Semua pada ngulang hafalan surat Al-baqarah ayat 148 sama arti dan kandungannya.
Bapak itu Cuma senyum manis tanpa dosa.

  Intan Mastura mana?”

Aku berdoa dalam hati.
Semoga nggak bakal kejadian kayak Dobel Intan Tragedy kayak kemarin lagi.

  “Ini Pak!” Teriak Mufida nunjuk teman sebangkunya.

Pak Fly To The Sky And To The Moon ngelebarin senyumnya.
Dia ngangguk-ngangguk.

Sedap.
Beliau cepat konek.

  “Udah hafal ayatnya kan?” Tanya Pak Fly To The Sky And To The Moon.

Intan Mastura ngangguk.
Dia langsung maju ke depan terus ngafal ayat.

Kami makin deg-degan nunggu giliran.

Abis Intan maju Risma.
Kami di panggilnya abstrak.
Nggak beraturan.

Semua pada rusuh.
Suasana kelas ribut kayak pasar malam.
Tapi begitu Risma baca ayatnya dengan nada tartil, semua langsung diam.

Hening.

Semuanya terpaku ke Risma.
Jantung dagdigdug.
Suara bass lembutnya Risma berhasil buat kami terkesima untuk yang kesekian kalinya.

Maklum, anak rohis.

Begitu Risma selesai, Pak Fly To The Sky And To The Moon senyum lebar lagi.
Dia berdiri dari kursinya sambil ngomong:

  “Nah, Bapak mau keluar dulu ya, ada urusan, Risma gantiin Bapak, kamu cukup panggil nama suka suka hati kamu terus conteng yang udah hafal”

UWWOOOOHHHHH~!

Semua pada heboh.

  “ENAK KALI PAAAKKK!” Jerit Ayu.

Pak Fly To The Sky And To The Moon lagi lagi senyum lebar.
Beliau jalan keluar kelas dan ninggalin kami semua.
Bisa ditebak, semua ngangkat tangan sambil teriak:

  RISMA AKU RISMA!! PANGGIL AKU!!”

  RISMA COBLOS AKU!!”

  RISMA PILIH NOMOR 3!!”

Persis kayak lagi kampanye ._.v

Risma cengar cengir gitu, dia langsung manggil “IrmaSuryani”.
Yang dipanggil langsung maju ke depan.

Asek.

Pas Irma lagi konsen konsennya ngulang hafalan ayat, mendadak Ayu sama Didit teriak.

  RISMA AKU BERAPA RISMA?? NILAI AKU BERAPA??”

Begitu dengar teriakan mereka sontak aku juga ikutan teriak.

  RISMA SELA BERAPA RISMA BERAPA?!”

Risma galau.
Dia langsung lirik buku absen terus nyaut.

  “**!!” (Disensor untuk kepentingan privasi)

  DITA, RISMA??”

  “**!!”

  SELA, RISMA?!”

  “**!”

Lagi seru-serunya teriak-teriakan Julian sama Amar ke depan, Amar udah duluan ke pintu, tapi Julian masih stuck di depan Risma.
Nggak lama dia ngomong.

  “Buk, permisi ke toilet ya buk”

Aku ngakak dewa.
Risma kaget.
Tapi ujung-ujung dia ngangguk sambil ketawa.
Kasian Irma dicuekin.

Beberapa puluh menit kemudian Pak Fly To The Sky And To The Moon masuk lagi ke kelas, terus bunyi bel tiga kali.
Tandanya pulang.

Semua langsung beres-beres.

Dan pelajaran yang kita dapat hari ini adalah:

  ‘Bak artinya adalah Babi’

  ‘Orang Islam bilangnya Kue Pau’

  ‘Orang Cina bilangnya Kue Bakpau’

  ‘EYD dalam bahasa indonesia harus baik dan benar’


/Rabu, 13 September 2012

By: Shella/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar