Movie

Migas Tiga Ipa 3 SMA 1 Lhokseumawe. Lets follow our Twitter @MIGASmansa :)

Minggu, 16 September 2012

Artikel Kesehatan Gigi

-Muhammad Ghiffari Ryoza-

 

Peduli Kesehatan Gigi Sejak Dini

Gigi, meski ukurannya terbilang kecil namun sebenarnya gigi adalah bagian tubuh yang paling kuat. Ukurannya yang kecil juga membuat kesehatan gigi sering disepelekan. Padahal kesehatan gigi cukup penting karena kerusakan gigi ternyata bisa memicu penyakit-penyakit yang lebih berat seperti jantung, stroke, diabetes, dan nyeri mata. Bagi ibu hamil, kerusakan gigi juga dapat memicu kelahiran prematur.

Beberapa permasalahan gigi yang sering ditemui adalah karang gigi. Karang gigi (kalkulus) adalah kotoran yang menumpuk di gigi dalam waktu lama sehingga mengeras dan membentuk karang. Karang gigi jika dibiarkan dapat menyebabkan gusi berdarah, gigi goyang dan mudah tanggal. Karena itu, bersihkan karang gigi secara rutin paling tidak setiap 6 bulan sekali. Scalling atau pembersihan karang gigi bisa dilakukan di Dokter Gigi langganan Anda atau di klinik gigi.

Selain untuk alasan kesehatan, ada juga beberapa perawatan gigi yang berkaitan dengan estetika seperti pemasangan kawat gigi (bracket) dan pemutihan gigi. Jika dulu pemakaian kawat gigi dianggap aneh, kini perawatan satu ini justru menjadi tren. Fungsi utama pemasangan kawat gigi ini adalah untuk merapikan susunan gigi. Susunan gigi yang rapi selain lebih enak dilihat juga mempermudah proses mengunyah makanan sehingga makanan yang masuk lebih mudah hancur dan mudah diserap tubuh. Manfaat lain dari susunan gigi yang rapi adalah mudah dibersihkan sehingga mencegah kuman masuk yang kemudian menginfeksi gigi dan menyebabkan stroke atau penyakit kronis lainnya.

Nah, sekarang cukup jelas kan pentingnya menjaga kesehatan gigi. Sebenarnya perawatan gigi terbilang cukup mudah, bisa dimulai dengan melakukan hal-hal di bawah ini:
- Gosok gigi dengan benar minimal 2 kali sehari, setelah makan dan sebelum tidur
- Gunakan sikat gigi yang bulu dan kepala sikatnya mampu menjangkau semua bagian gigi
- Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride dan ADA untuk mencegah lubang dan kerusakan gigi
- Kurangi makanan mengandung gula seperti permen dan cokelat, perbanyak buah segar dan air putih
- Periksa rutin ke Dokter Gigi setiap 6 bulan sekali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar