Movie

Migas Tiga Ipa 3 SMA 1 Lhokseumawe. Lets follow our Twitter @MIGASmansa :)

Senin, 05 November 2012

Internet Bagi Masyarakat Pedesaan


Seperti yang telah kita ketahui bahwa internet telah menjamur di kehidupan masyarakat zaman sekarang. Pada saat ini,internet bukan hanya di gunakan oleh orang kota saja,tetapi juga masyarakat pedesaan. Ada orang pedesaan yang mau menerima adanya internet desa ini di kenal dengan sebutan desa global, dimana desa ini merupakan sebuah konsep di mana informasi-informasi di dunia dapat diakses dengan cepat dan dengan mudah. Desa Global ini di adaptasi dari buku karangan Marshall McLuhan yang berjudul “Understanding Media Extension of A Man”. Ada juga Masyarakat pedasaan nya kurang menerima internet tersebut,mereka hanya sekedar tahu kalau internet itu hanya sebagai alat untuk mencari dan mendapatkan informasi, hanya itu. Istilah nya seperti mereka tidak mau menggali lebih dalam mengenai internet tersebut.Internet itu bukan hanya sebagi alat untuk mencari dan mendapatkan informasi tetapi juga bisa sebagai alat untuk transformasi ilmu pengetahuan.Bahkan,ada masyarakat pedesaan yang menyangka bahwa internet dapat member pengaruh buruk terhadap mereka (tapi memang jika internet tersebut tidak di gunakan secara baik dan benar)
Apakah Internet tersebut bisa berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat pedesaan itu tergantung pada masyarakat itu sendiri,apakah masyarakat tersebut bisa menggali informasi yang ada di internet itu atau tidak. Dan apakah masyarakat pedesaan itu bisa memandang internet lebih dari apa yang mereka tahu sebelum nya.
Menurut kami internet akan mendukung status sosial dan ekonomi masyarakat pedesaaan, namun perlu diperhatikan juga beberapa kendala yg mungkin muncul seperti
- Untuk dapat menggunakan internet secara efektif , dibutuhkan pemahaman akan komputer yg mungkin   cukup memakan waktu bagi masyarakat pedesaan
-Kalaupun ingin dimanfaatkan untuk transaksi secara online, metode pembayarannya akan sulit diimplementasikan ke masyarakat desa ( seperti pembayaran online dll)-Perawatannya juga lumayan susah ( misal hardware rusak maka mesti membeli lagi dari kota) dan mahal

Namun, Pandangan masyarakat desa tersebut dapat dirubah oleh CRM dari perusahaan penyedia internet tersebut, misalnya memberikan bimbingan mengenai internet dan penguasaan komputer , serta melayani segala kendala yg dihadapi masyarakat , dan meluruskan pandangan masyarakat tsb yg salah.
Berikut beberapa kaeuntungan yang dapat di berikan kepada masyarakat pedasaan apabila mereka mau tahu lebih dalam mengenai internet:
-Dapat membantu masyarakat untuk mencari pekerjaan secara online
-Dapat berkomunikasi dengan lebih cepat
-Bila dimanfaatkan dengan efektif , Internet bisa lebih murah dibanding layanan lainnya seperti SMS
-Jika pola pikir sudah diluruskan, maka masyarakat akan mulai berani menggunakan transaksi online meskipun pada awalnya masih menggunakan mata uang nyata
Nah,jadi dapat membantu atau tidak nya internet bagi masyarakat pedasaan,tergantung dari pada masyarakat itu sendiri,apakah mereka dapat memanfaatkan internet semaksimal mungkin,tentu dengan ada nya ajaran dari orang yang tahu menggunakan internet dengan baik.
Bayangkan saat masyarakat pedesaan sudah benar benar memahami Internet, SCM (Supply Chain Management, yakni suatu
proses bisnis dan informasi yang berulang yang menyediakan produk atau layanan dari pemasok melalui proses pembuatan dan pendistribusian kepada konsumen.) perusahaan dapat meningkat, potensi desa mereka bisa digunakan untuk perusahaan perusahaan dalam melakukan proses bisnis mereka, dimana masyarakat desa bisa menjadi supplier produk2 bahan baku yg nantinya diolah perusahaan besar, peran Internet sendiri mempermudah komunikasi antara pihak perusahaan dengan supplier (masyarakat desa).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar